Perbedaan HDD dan SSD

Pengertian

Hasil gambar untuk HDD dan SSD

Hardisk

Hasil gambar untuk HDD

Hardisk atau yang disingkat HDD merupakan singkatan dari Hard Disk Drive yaitu merupakan media penyimpanan yang menjadi standar pnyimpanan komputer . Didalam HDD terdapat komponen piringan yang digerakan oleh motor penggerak untuk melakukan proses penyimpanan data atau pembacaan data. Biasanya hardisk memiliki memori penyimpanan yang bervariasi seperti 100 GB , 500 GB , 1 TB dan 2 TB . Hardisk merupakan media penyimpanan yang terkenal lumayan berisik. Karena memiliki motor pengerak.

SSD

Hasil gambar untuk SSD

SSD singkatan dari Solid State Drive atau Solid State Disk, adalah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi.

SSD bisa dianggap sebagai versi canggih dari USB Flash drive dengan kapasitas yang jauh lebih besar dan berfungsi sebagai pengganti Hardisk yang selama ini digunakan pada perangkat komputer.
Jadi SSD adalah perangkat elektronik yang berfungsi menyimpan data seperti hardisk (HDD : Hard Disk Drive) namun konstruksinya seperti USB Flash Drive, yang tersusun dari beberapa IC sebagai memori.

Seperti halnya USB Flash Drive, SSD pun tidak memiliki komponen yang bergerak di dalamnya. Data atau informasi hanya disimpan di dalam microchips. Berbeda dengan Hardisk yang memiliki lengan mekanik yang bergerak ke sana ke mari untuk menulis dan membaca data di atas piringan magnetik. Perbedaan ini membuat SSD bekerja jauh lebih cepat dari pada Hardisk.

Keunggulan HDD

  1. Harga lebih murah dibanding SSD
  2. Umur pakai jauh lebih lama

Kekurangan HDD

  1. Tidak tahan terhadap guncangan
  2. Mengeluarkan suara bising akibat motor penggerak
  3. Kecepatan Write & Read yang lama
  4. Lebih berat dibanding SSD
  5. Memakan daya listrik yang lebih besar

Kelebihan SSD

  1. Lebih cepat dalam Pemrosesan
  2. Tahan terhadap guncangan
  3. Waktu booting yang cepat
  4. Hemat daya listrik
  5. Tidak mengeluarkan suara bising
  6. Lebih ringan

Kekurangan SSD

  1. Harga yang mahal
  2. Umur pakai SSD Lebih singkat

Semoga bermanfaat !!!

Terimakasih

Baca juga : http://www.qtera.co.id/apa-itu-black-box-penetration-testing/

Antivirus

Pengertian

Antivirus adalah software yang menjadi benteng pertahanan kedua setelah firewall. Antivirus berguna menghalau virus , menghapus virus dan menjaga keamanan data dari komputer,serta mendeteksi virus . Antivirus ada yang gratis dan ada yang berbayar. Tentu saja yang berbayar memiliki kualitas yang lebih baik.

Alasan menggunakan antivirus

Banyak orang yang yang beranggapan bahwa menggunakan antivirus percuma karena tetap saja virus bisa menjebol pertahanan antivirus.Padahal dengan menggunakan antivirus saja keamanan komputer bisa dijebol apalagi tidak bukan . Maka menggunakan antivirus tetap menjadi solusi. Walaupun tidak sepenuhnya antivirus mampu dapat menangkal semua virus yang mengancam komputer .

Manfaat Antivirus Bagi Komputer:

  1. Mencegah serangan virus dan spyware, baik serangannya melalui internet maupun melalui removable media seperti flashdisk atau memory card.
  2. Memantau aktifitas pemakaian internet anda, dan beberapa antivirus berkualitas akan memberi warning kalau situs yang anda masuki memiliki virus, atau salah satu situs phishing.
  3. Proteksi atas perusakan file yang diakibatkan serangan virus
  4. Mencegah crash atau istilah yang umum hang pada komputer anda, karena beberapa virus akan membebani resource komputer anda sampai komputer anda tidak sanggup melakukan apa-apa.

Cara kerja antivirus

Pada umumnya, cara kerja antivirus adalah:
  1. Pendeteksian dengan menggunakan basis data virus signature (virus signature database): Cara kerja antivirus ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan oleh antivirus tradisional, yang mencari tanda-tanda dari keberadaan dari virus dengan menggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, dan telah dikatalogisasi sesuai dengan jenisnya, ukurannya, daya hancurnya dan beberapa kategori lainnya. Cara ini terbilang cepat dan dapat diandalkan untuk mendeteksi virus-virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, tetapi tidak dapat mendeteksi virus yang baru hingga basis data virus signature yang baru diinstalasikan ke dalam sistem. Basis data virus signature ini dapat diperoleh dari vendor antivirus dan umumnya dapat diperoleh secara gratis melalui unduh atau melalui berlangganan, dan/atau
  2. Pendeteksian dengan melihat cara bagaimana virus bekerja: Cara kerja antivirus seperti ini merupakan pendekatan yang baru yang dipinjam dari teknologi yang diterapkan dalam Intrusion Detection System (IDS). Cara ini sering disebut juga sebagai Behavior-blocking detection. Cara ini menggunakan policy (kebijakan) yang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus. Jika ada kelakuan perangkat lunak yang “tidak wajar” menurut policy yang diterapkan, seperti halnya perangkat lunak yang mencoba untuk mengakses address book untuk mengirimkan surel (email) secara massal terhadap daftar surel yang berada di dalam address book tersebut (cara ini sering digunakan oleh virus untuk menularkan virus melalui surel), maka antivirus akan menghentikan proses yang dilakukan oleh perangkat lunak tersebut. Antivirus juga dapat mengisolasi kode-kode yang dicurigai sebagai virus hingga administrator menentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Keuntungan dari cara ini adalah antivirus dapat mendeteksi adanya virus-virus baru yang belum dikenali oleh basis data virus signature. Kekurangannya, jelas karena antivirus memantau cara kerja perangkat lunak secara keseluruhan (bukan memantau berkas), maka sering kali antivirus membuat alarm palsu atau “false alarm” (jika konfigurasi antivirus terlalu “keras”), atau bahkan mengizinkan virus untuk berkembangbiak di dalam sistem (jika konfigurasi antivirus terlalu “lunak”), terjadi false positive. Beberapa produsen menyebut teknik ini sebagai pemindaian heuristik. Teknologi pemindaian heuristik ini telah berkembang begitu jauh hingga sekarang. Beberapa antivirus mengecek sebuah berkas dengan definisi biasa. Jika lolos dari deteksi biasa, maka berkas tersebut dijalankan di sebuah lingkungan virtual. Semua perubahan yang dilakukan berkas bersifat seperti virus, maka pengguna akan diperingatkan.

Semoga bermanfaat

Baca juga : https://www.qtera.co.id/metode-threat-hunting-untuk-menangani-mallwareless-attack/

VPN

Pengertian

Virtual Private Network (VPN) adalah teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk dapat terkoneksi ke jaringan publik dan menggunakannya untuk dapat bergabung dengan jaringan lokal. VPN bisa berguna untuk meremot akses device dengan jarak jauh sekalipun. Dengan cara tersebut maka akan didapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti halnya berada didalam LAN itu sendiri, walaupun sebenarnya menggunakan jaringan milik publik. VPN ada yang free dan ada yang berbayar .

Dengan adanya VPN, Anda seakan telah membuat jaringan di dalam jaringan itu sendiri namun bersifat virtual. Hal ini disebut dengan tunnel, tunneling adalah proses atau cara membuat jalur private dengan memanfaatkan infrastruktur pihak ke tiga. VPN menggunakan tiga teknologi tunneling yaitu L2TP, PPTP, IPSec (Internet Protocol Security). Dengan kombinasi tunneling dan enkripsi maka terbentuklah VPN.

Manfaat VPN

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan VPN diantaranya adalah:
1. Anda bisa mengakses komputer atau jaringan kantor dari mana saja dan kapan saja selama terhubung ke internet dengan menggunakan VPN
2. Dengan koneksi VPN, Anda dapat berselancar di internet secara aman sekalipun Anda menggunakan akses internet publik seperti hotspot atau wifi umum
3. VPN dapat digunakan sebagai alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya relatif kecil, karena transmisi data teknologi VPN menggunakan media jaringan publik yang sudah ada tanpa perlu membangun jaringan pribadi. Hal ini tentu akan menghemat biaya setup jaringan.
4. Salah satu manfaat VPN adalah melindungi IP asli pengguna dengan cara menyembunyikannya dan menggantinya dengan IP server VPN. Sederhananya, ketika Anda terhubung ke VPN, maka IP asli Anda (yang diberikan oleh ISP) ditukar dengan salah satu IP server VPN
5. VPN adalah solusi terbaik demi menghindari Sensor dan Geo-Restriction. Jika Anda berada di negara seperti Uzbekistan atau Republik Kongo, di mana mengungkapkan pendapat sangat dilarang, maka Anda dapat menggunakan VPN dan menggunakan server negara lain seperti Amerika atau Inggris. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah mengakses website yang diblokir

Bagaimana cara kerja VPN?

Cara kerja VPN sederhana yaitu melakukan enkripsi pertukaran data bahkan sebelum koneksi publik di tempat kopi atau warung  internet membacanya. Ketika terhubung dengan internet menggunakan koneksi VPN itu seperti mengakses internet melewati lorong khusus, tidak menggunakan jaringan utama.

Server VPN meneruskan koneksi Anda ke situs yang ingin diakses. Sehingga koneksi yang Anda lakukan akan dikenali sebagai koneksi dari jaringan server VPN bukan jaringan yang digunakan pada saat itu.

Ketika menggunakan jaringan tanpa VPN maka koneksi yang dilakukan secara langsung tanpa enkripsi. Sedangkan jika menggunakan VPN, maka koneksi yang dilakukan terenkripsi dan dilewatkan terlebih dahulu melalui VPN server.

Berikut ini ilustrasi koneksi melalui jaringan tanpa VPN dan menggunakan VPN.

Kekurangan dan Kelebihan VPN

Selain untuk menyembunyikan identitas asli, VPN juga bisa menerobos batas penelusuran yang dibuat pemerintah kepada ISP. Tetapi meskipun VPN memiliki banyak kelebihan, tetap saja memiliki kekurangan. Salah satunya adalah koneksi yang terkadang lebih lambat. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan VPN.

KELEBIHANKEKURANGAN
Kerahasiaan data lebih aman.Koneksi lebih lambat.
Bisa mengakses website terblok.Koneksi tidak stabil.
Identitas IP asli tidak langsung diketahui.Konfigurasi manual cukup rumit.
Akses jaringan dari lokasi yang berbeda.Ada batasan penggunaan.

Kesimpulan

VPN dapat membantu kita dalam mengamankan data pribadi ketika menggunakan jaringan umum yang tidak terjamin keamanannya . Bijaklah dalam menggunakan VPN. Karena sehebat apapun teknogi tergantung dengan siapa penggunanya. Semoga bermanfaat.

Baca juga : https://www.qtera.co.id/apakah-jaringan-wifi-publik-aman-digunakan/